Cegah Stunting, Bupati Ngawi Ajak Masyarakat Gemar Makan Ikan

Cegah Stunting, Bupati Ngawi Ajak Masyarakat Gemar Makan Ikan
Bupati Ngawi saat menghadiri festival bakar ikan air tawar.

NGAWI - Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono melakukan agenda kerja di Waduk Sangiran, Kecamatan Bringin, Kabupaten Ngawi. Agenda tersebut dalam rangka menghadiri festival bakar ikan air tawar, Senin (27/11/2023).

Dalam kesempatan itu, Ony mengatakan bahwa festival bakar ikan air tawar merupakan implementasi sebagai upaya untuk penanganan dan pencegahan stunting di Kabupaten Ngawi.

"Kegiatan ini merupakan bagian dari ajakan, agar masyarakat Kabupaten Ngawi gemar makan ikan, guna untuk pencegahan stunting," kata Ony.

Lebih lanjut Ony menerangkan, bahwa ikan wajib dikonsumsi, mengingat sebagai pemenuhan protein hewani bagi warga masyarakat Ngawi yang mengidap penyakit stunting.

"Pemenuhan protein kepada masyarakat harus dioptimalkan, melalui mengkonsumsi ikan. Misal ikan lele, yang harganya ekonomis, begitu juga telur. Inikan protein esensial yang terkandung sangat komplek, sehingga pemenuhan gizinya sangat tercukupi," ujarnya.

Kendati begitu, Ony tidak menampik bahwa pemenuhan protein di Ngawi masih rendah. Ia mengatakan, pemenuhan gizi capaian perkapita tingkat provinsi rata-rara 44 kilogram ikan per orang per tahun, jika di Ngawi masih 33 kilogram ikan per orang pertahun.

"Budidaya ikan di Ngawi harus diperbanyak, sehingga pasokan ikan itu bisa untuk pemenuhan gizi bagi masyarakat Ngawi, ini yang akan menjadi fokus Pemkab Ngawi saat ini," terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Informatika, Statistik dan Persandian, Wahyu Sri Kuncoro mengungkapkan, dalam kegiatan tersebut Bupati Ngawi melakukan tabur benih ikan, dan pemberian mesin pelet. Diharapkan pembudidaya ikan bisa tetap survive dan meningkatkan produktivitas.