Kepala DPUPR Ngawi: Perbaikan Jalan Alternatif Jateng-Jatim Mulai Dikerjakan

Kepala DPUPR Ngawi: Perbaikan Jalan Alternatif Jateng-Jatim Mulai Dikerjakan
Perbaikan jalan Jateng-Jatim.

NGAWI - Jalan alternatif Jateng-Jatim mulai dikerjakan. Jalan tersebut mulai dari Bangunrejo Lor, Ngawi hingga Randublatung, Blora. Proyek senilai Rp20 Miliar tersebut dijadwalkan selesai dalam dua bulan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Ngawi Mohammad Sadli mengatakan, proyek tersebut masuk dalam instruksi Presiden Joko Widodo nomor 3 tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah. 

Saat ini, pembangunan jalan tersebut sudah mulai dikerjakan oleh ditangani satuan kerja pelaksanaan jalan nasional (PJN) wilayah 4, balai besar pelaksanaan jalan nasional (BBPJN) Jawa Timur - Bali.

"Sudah mulai pekan kemarin proyek jalan Banjarejo Lor - Randublatung dimulai," ungkap Sadeli kepada Suarangawi.com pada (20/11/2023).

Sadli menambahkan, berdasarkan Inpres 3/2023, Ngawi mendapatkan pagu anggaran sekitar Rp 20 miliar. Namun setelah berkontrak, proyek sepanjang 4,2 kilometer itu susut menjadi Rp 19,4 miliar.

Proyek tersebut dikerjakan oleh PT Jatisrono Multi Konstruksi tersebut dijadwalkan selesai pada akhir Desember mendatang.

"Ya memang di pagu anggarannya sejumlah Rp20 Miliar, Namun pengerjaannya kena PT Jatisrono Multi Konstruksi dengan nilai Rp19,4 Miliar," ujarnya.

Sementara untuk panjang jalan yang dibangun untuk wilayah Ngawi sepanjang 3,5 kilometer. Namun panjang tersebut belum bisa menjangkau sebagian jalan yang rusak diperbatasan Blora. Untuk itu DPUPR Ngawi mengajukan adendum agar panjang jalan yang dibagun bisa sampai perbatasan.

"Sebenarnya dalam kontrak hanya 3,5 kilometer, tapi kita koordinasi dengan PPK nanti ada adendum untuk menyelesaikan 4,2 kilometer," terangnya.

Sadli menambahkan, dengan adanya jalan alternatif Ngawi-Blora tersebut akan memangkas waktu Ngawi ke Blora pun sebaliknya. Nantinya Blora-Ngawi hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menir. Sementara sebelumnya jika lewat Bojonegoro waktu tempuh satu setengah jam sampai dua jam.

"Jadi sangat memangkas waktu Ngawi ke Blora atau sebaliknya, jalan itu nantinya juga dapat menjadi alternatif menuju Tol Trans Jawa via Ngawi" pungkasnya.