Bumdesma DAPM Dinilai Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Menuju Desa Mandiri

Bumdesma DAPM Dinilai Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Menuju Desa Mandiri
Bupati Ngawi Ony Anwae Harsono saat melihat hasil karya DAPM dan Bumdesa.

NGAWI - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Ngawi menggelar Pameran Gebyar Badan Usaha Milik Desa Bersama Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat (Bumdes DAPM) Kecamatan dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) tahun 2023. di lapangan Desa Dero, kecamatan Bringin. Jum’at (27/10/23).

Turut hadir Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono, Sekda Ngawi, Mokh Sodiq Triwidiyanto, Kepada OPD lingkup Pemkab Ngawi, Camat Bringin, Forkopimcam, Pimpinan Bank Jatim cabang Ngawi, Kepala Kantor BPJS kesehatan dan Ketenagakerjaan cabang Ngawi, Ketua Pengawas dan Ketua BUMDESMA DAPM se-kabupaten Ngawi serta Ketuan Forum BUMDesa Ngawi.

Kepala DPMD Kabupaten Ngawi, Kabul Tunggul Winarno mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari kedepan Jumat dan Sabtu 27 hingga 28 Oktober 2023 dan diikuti oleh 19 Bumdesma DAPM Kecamatan dan BUMDes.

"Tentu harapannya dengan kegiatan ini akan meningkatkan perekonomian masyarakat menuju kemandirian desa," katanya kepada suarangawi.com Senin (30/10/2023).

Kata dia, saat ini Bumdesma DAPM telah memiliki 2.702 kelompok simpan pinjam khusus perempuan dengan 25 ribu orang pemanfaat dan ada sejumlah usaha yang telah dilakukan.

Diantaranya, simpan pinjam (dana bergulir masyarakat), peternakan, pertokoan, jasa pelayanan pembayaran, perdagangan, pertashop, advertising, dan apotik.

"Bumdesma DAPM juga memiliki peluang kerjasama antara lain, kerjasama dengan pihak ketiga, kerjasama antar BUMDesa, dan kerjasama dalam membangun sebuah kawasan perdesaan," ujarnya.

Sementara Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono mengapresiasi kegiatan ini untuk komitmen menjaga amanah berupa aset dana bergulir masyarakat yang dikelola olah Bumdesa DAPM yang berjalan hingga saat ini.

"Tanpa komitmen, dedikasi ini tidak akan berjalan dengan baik," tegas kata Bupati.

Bupati Ngawi juga berpesan agar kegiatan usaha BUMDESMA  juga berorientasi pada sektor riil bidang pertanian khususnya dalam rangka memasifkan kegiatan pertanian ramah lingkungan berkelanjutan.